Kamis, 15 April 2010

F-22 Raptor : Si burung pemangsa di udara



Pernah dengar nama F-22 Raptor ? atau pernah melihat pesawat dengan bentuk seperti ini ? Bagi yang pernah menonton film Transformers pasti tahu Starscream. Robot yang satu ini menggunakan F-22 sebagai bentuk penyamarannya di bumi.
Lalu sebenarnya apa bagaimana F-22 Raptor yang sebenarnya ?

F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi nama YF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai pada Desember 2005. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama yang bertanggungjawab memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22. Kemudian mitranya, Boeing Integrated Defense Systems memproduksi sayap, peralatan avionik, dan pelatihan pilot dan perawatan.




F-22 juga bisa bermanuver dengan sangat baik pada kecepatan supersonik maupun subsonik. Penggunaan pengarah daya dorong membuatnya bisa berbelok secara tajam, dan melakukan manuver ekstrim seperti Manuver Herbst, Kobra Pugachev,dan Kulbit. F-22 juga bisa mempertahankan sudut menyerang konstan yang lebih besar dari 60°.Ketinggian terbang juga mempengaruhi serangan. Dalam latihan militer di Alaska pada Juni 2006, para pilot F-22 menyebut bahwa kemampuan terbang pada ketinggian yang lebih tinggi dari pesawat lain merupakan salah satu faktor penentu kemenangan mutlak F-22 pada latihan tersebut.

Tetapi semua itu baru hanya uji coba. F-22 belum terjun langsung ke dogfight sebenarnya. Kapankah pesawat ini akan benar-benar menunjukan keganasannya ? Hanya para petinggi militer AS yang dapat menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar