Senin, 31 Mei 2010

Perbedaan sistem operasi pada PC dengan sistem operasi pada mainframe

Apa sih yang membedakan sistem operasi PC (komputer kantor & rumahan) dengan sistem operasi mainframe (yang komputernya segede-gede gaban) ?

Oke, penjelasannya nih..

*) System operasi pada personal computer :

Titik fokus perancangan sistem operasi jenis komputer meja, agak berbeda dibadingkan dengan sistem operasi "main-frame". Pertama, kinerja serta derajat kerumitan komponen perangkat keras PC jauh lebih sederhana (dan murah). Karena itu, "utilisasi" perangkat keras tidak lagi menjadi masalah utama. Kedua, para pengguna PC tidak selalu merupakan "pakar", sehingga kemudahan penggunaan menjadi prioritas utama dalam perancangan sistem operasinya. Ketiga, akibat dari butir kedua di atas, "keamanan" dan "perlindungan" kurang mendapatkan perhatian. Dewasa ini, "virus" dan "cacing" (worm) telah menjadi masalah utama yang dihadapi para pengguna sistem PC tertentu.

Bedanya dengan sistem operasi mainframe :

*) System operasi pada mainframe
Disebut mainframe dikarenakan ukuran serta kemampuan pemrosesan secara historis berkaitan. System operasi dari computer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan. Computer dengan system operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas besar. Main from juga mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda dan bertindak mengawasi lalu lintas ketika beberapa program mencoba mengakses basis data secara bersamaan. Computer mainframe biasanya dipusatkan pada pusat data yang telah lama menjadi sumber tenaga dari komputasi dunia bisnis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar